TUGAS PSIKOTERAPI SOFTSKILL

PENGERTIAN PSIKOTERAPI

Menyembuhkan orang sakit melalui pengaruh hubungan antaran seorang dengan oran lain sudah lama dilakukan, setua umur manusia di dunia ini. Dilihat dari sudut ini, jelas sekali bahwa bentuk menyembuhkan yang kemudian di kenal dengan psikoterapi. Pada hakekatnya sudah lama di lakukan.

Kemudian muncul tokoh-tokoh seperti Aritoteles dan Hippocretes pada zaman Yunani Kuno sebagai “bapak” dari Ilmu Kedokteran modern, yang yang memperhatikan pengunaan metode observas, pengontrolan dan penyimpulan rasional dari sesuatu gejala. Khususnya dalam bidang psikologi, yakni Sigmund Freud, (1856-1939). Sebagai pendahulu-pendahulu Freud, tercatat nama-nama Paul Dubois (1848-1918) sebagai seorang dokter dari Swiss yang yang di sebut sebagai psikoterapis pertama dalam dunia psikoterapi modern, yang mempergunakan teknik bicara dalam menghadapi penderita-pendrita penyakit jiwa (psikosis).

TUJUAN PSIKOTERAPI

  1. Menurut Watson dan Morse (1977: Bentuk khusus dari interaksi antara dua orang, pasien dan terapis, pada mana pasien melalui interaksi karena ia mencari bantuan psiologik dan terapis menyusun interaksi dengan memperlukan dasar psikologik untuk membantu pasien meningkatkan kemampuan mengendalikan diri dalam kehidupan dengan mengubah pikiran, perasaan dan tindakan.
  2. Perumusan lain di berikan oleh corsini (1989) yang mengatakan bahwa psikoterapi sulit dirumuskan secara tepat.

UNSUR-UNSUR PSIKOTERAPI

  1. Dua individu saling terikat dalam interaksi yang bersifat rahasia, dimana klien akan dibukakan jalan untuk menjadi tahu.
  2. Interaksi umumnya terbatas pada pertukaran verbal.
  3. Interaksi berlangsung dalam jangka waktu lama.
  4. Hubungan bertujuan untuk mengubah perilaku tertentu pada klien, yang telah disetujui oleh kedua pihak.

REFERENSI:

Gunarsa D, Singgih. 1996. Konseling dan Psikoterapi. PT BPK Gunung Mulia ; Jakarta

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=33&ved=0CCUQFjACOB4&url=http%3A%2F%2Fpsi442.weblog.esaunggul.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2Fsites%2F697%2F2013%2F04%2FPsikoterapi-Pertemuan-2.ppt&ei=cdUKVaSbCMKOuASQhYDADw&usg=AFQjCNF5yNKuR6La4hUsBgaapYXPCg0Abg&sig2=A6SVnWBQ1Rouyw0_br_VBw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s