#PTI SYARAT & ETIKA DALAM PUBLIKASI ONLINE

Pengertian publikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 1976), adalah penyiaran. Menurut Kamus Islilah Periklanan Indonesia, publikasi adalah setiap materi yang dicetak, diterhitkan, serta diedarkan untuk disampaikan pada khalayak umum dalam format apapun seperti majalah, surat kabar (Nuradi, 1 996:136). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa publikasi merupakan suatu kegiatan komunikasi berupa menyiarkan, menerbitkan mengedarkan dan menyampaikan suatu materi, seperti objek,  ide,  gagasan  dan  informasi yang disampaikan pada khalayak umum atau masyarakat dalam bentuk / media apapun. Suatu kegiatan publikasi bertujuan sebatas menginformasikan dan memberitahukan suatu materi pada khalayak umum. Kegiatan publikasi memerlukan media penyampaian dan penerima pesan. Sedangkan, pengertian online yaitu keadaan dimana komputer terhubung dengan internet baik melalui modem, wi fi atau lan dan baik sedang digunakan atau tidak oleh pengguna komputer tersebut. Jadi, pengertian publikasi online adalah suatu informasi atau pesan atau pengumuman dalam bentuk online yang diterbitkan dalam dunia internet melalui media elektronik.

Publikasi online sangat bermanfaat bagi setiap orang apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Banyak hal diumumkan melalui internet seperti berjualan, memberi info produk baru atau produk bekas yang masih ingin dijual. Bagi perusahaan yang memasarkan barangnya melalui publikasi online, tentu sangat mengirit biaya. Perusahaan hanya perlu menyiapkan design semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk mencari tau keunggulan atau kelemahan dari produk tersebut. Publikasi online ini sangat berguna untuk memberi informasi kepada masyakarat yang ingin membeli produk, bahkan bisa dipesan secara online.

Fenomena yang Berkaitan dengan Psikologi dan Internet

Nama permainan: Si Gila Belanja
Cara permainan ini adalah pada awalnya memilih character yang kita mau mainkan kemudian memasukan data kita secara singkat saja antara lain nama, usia, dan zodiac. Setelah itu kita akan diberikan uang untuk belanja ditoko-toko yang berjejer disamping jalan. Jika ingin membeli tinggal mengklik took dan baju atupun aksesoris yang kita mau. Apabila uang habis untuk belanja, diantra took-toko tersebut ada tempat bekerja paruh waktu untuk menambah uang kita.
Dampak Positif :
a. Melatih kesabaran kita.
b.  Sebagai sarana hiburan.
c. Meningkatkan kemampuan saraf motorik pada otak kita.
d. Game dapat melatih kita untuk berbahasa asing, karena pada umumnya menggunakan Bahasa Inggris.
e.  Melatih kreatifitas, konsentrasi dan respon otak.
f.  Melatih insting seseorang.
g. Ajang menambah kawan. Dengan bermain game online (game online yang berhubungan dengan user lainnya) bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi (misal tukeran link facebook, twitter dll ), walaupun itu lawan di game online, namun nantinya bisa jadi kawan di dunia internet lainnya (misal facebook / jejaring sosial lainnya).
Dampak Negatif
a. Dapat menyebabkan kecanduan, bagi seseorang yang menggilai fashion.
b. Lupa waktu.
c. Terkadang menunggu waktu untuk mempermainkan dan mendapatkan uang lagi sangat lama.
d. Bila memenangkan game tersebut seolah-olah mendapatkan suatu yang sangat berharga.
e. Stress bila komputernya rusak karena permainan game sementara tidak ada hasil nyata yang diperoleh.
f.  Berlama lama main game di depan monitor juga tidak baik untuk mata, karena itu jelas akan merusak mata kita, dan juga ketahanan fisik akan terganggu. Bayangkan ada orang yang bermain game sampai larut malam, jelas akan mengganggu kesehatannya.
g. Boros. Jika kita memainkan game ini di rental atau warnet.
h. waktu tidur menjadi kurang teratur akibatnya waktu kuliah menjadi mengantuk dan tidak focus dengan perkuliahan.
 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s